4 Tahap Cara Budidaya Ikan Gabus Yang Penting Dilakukan

Friday, September 5th, 2014 - Usaha Perikanan
Advertisement

Ikan adalah salah satu produksi Indonesia yang memiliki potensi usaha yang bagus. Cara budidaya ikan gabus memiliki caranya tersendiri. Selain dari budidaya air tawar, penghasilan Indonesia juga diperoleh melalui penangkaran ikan air laut. Ada pula budidaya ikan di air payau atau tambak, budidaya dengan karamba, budidaya di kolam atau empang serta budidaya dengan jala apung.

Ikan gabus atau biasa dikenal dengan nama ikan kutuk ini merupakan salah satu ikan air tawar asli dari Indonesia. Ikan gabus memiliki kandungan albumin yang sangat banyak sehingga sering dijadikan saran dokter untuk dikonsumsi oleh penderita hepatitis. Pasalnya, kandungan albumin dalam ikan ini lebih banyak jika dibandingkan dengan ikan air tawar lainnya. Maka tak heran jika banyak yang ingin mengetahui cara budidaya ikan gabus.

cara budidaya ikan gabus

Ikan gabus memiliki pangsanya sendiri, maka beberapa orang tertarik dengan usaha yang melibatkan ikan gabus ini. Cara budidaya ikan gabus dimulai melalui tahap pembibitan ikan gabus, antara lain:

  1. Pemijahan

Selama proses ini berlangsung, perhatikan dengan seksama permukaan kolam. Jika ada telur yang muncul pada permukaan segera ambil menggunakan skupnet halus. Kemudian pindah telur dalam akuarium untuk ditetaskan.

  1. Penetasan

Proses ini membutuhkan akuarium dengan ukuran 60x40x40 cm. Jumlah telur yang mampu ditetaskan sebanyak 12.000 butir/akuarium. 24 jam kemudian, telur tersebut akan menetas.

  1. Pemeliharaan larva

Larva ikan gabus ini diberikan pakan sebanyak 2 kali perhari setelah menetas sampai 15 hari dalam akuarium yang sama. Setelah 5 hari, benis diberi daphnia sebanyak 3 kali sehari sebagai makanan tambahan.

  1. Pendederan bibit ikan

Tahap pertama dalam proses ini dilakukan pada kolam tanah. Sebelumnya, kolam telah dikeringkan selama 4-5 hari. Penebaran larva dilaksanakan di pagi hari dengan populasi 4000 ekor/200 m kuadrat. Setelah, dua hari maka ikan diberi makan tepung pelet. Tiga minggu kemudian, ikan siap dipelihara hingga ukuran besar.

Baca juga artikel lainnya tentang : Cara Budidaya Ikan Gurame. Semoga ada inspirasi juga selain artikel ini

Ikan gabus merupakan salah satu ikan karnivora. Sehingga, tak heran jika ikan ini sering menjadi hama bagi budidaya ikan di kolam atau empang karena memangsa ikan yang dibudidayakan. Namun, usaha budidaya ikan gabus yakni dengan memisahkannya dengan ikan lainnya. Prospek dari ikan ini sangat bagus karena masyarakat banyak yang menyukai kelezatan rasanya.

Sedangkan, dalamĀ  teknik budidaya ikan gabus terdapat komponen yang perlu diperhatikan. Hampir sama dengan komponen yang lain, yakni :

  • Benih ikan gabus banyak yang masih bisa dipijakan dari indukan yang ada di alam,

  • Tempat budi daya ikan gabus menggunakan air tenang, kolam terpal, keramba ataupun KJA,

  • Pengelolaan pakan yang paling utama yakni anak ikan mujahir, limbah ikan yang dapat berupa ikan rucah, keong emas atau cacing tanah sedangkan pakan palet dengan kandungan protein 30% dapat dijadikan pakan ikan gabus,

  • Pengelolaan kualitas air yakni dengan mengganti air pada kondisi cukup agar kualitas air tetap terjaga, jika kotoran menumpuk serta ada banyak sisa pakan ikan maka seharusnya dilakukan pembersihan,

  • Pencegahan penyakit dapat dilakukan dengan pemberian probiotik.

Habitat dari ikan gabus sendiri berasal dari Afganistan, India, Srilanka hingga Indonesia. Ikan ini berbentuk bulat, gilig, panjang atau silindris, memiliki sisik yang berpola seperti sisik ular. Ikan gabus dengan usia kecil suka makan plankton, daun-daun lunak di air serta udang-udang kecil di sungai. Setelah dewasa, ikan gabus akan memakan ikan yang lebih kecil. Demikianlah sekilas mengenai kolam budidaya ikan gabus, anda berminat?

Incoming search terms:

  • budidaya ikan gabus
  • ternak ikan gabus
  • cara budidaya ikan gabus
  • budidaya ikan kutuk
  • Cara ternak ikan gabus
  • budi daya ikan gabus
  • cara beternak ikan gabus
  • budidaya ikan gabus di kolam terpal
  • budidaya gabus
  • cara budidaya ikan kutuk
Advertisement
4 Tahap Cara Budidaya Ikan Gabus Yang Penting Dilakukan | admin | 4.5
error: Content is protected !!